EMAS (Au)

emas2Tentu Kita semua sudah mengetahui apakah emas itu. Yang paling umum emas biasanya dipakai oleh hampir semua kaum wanita sebagai perhiasan, namun banyak diantara kita tentu belum mengetahui proses terbentuknya emas. Disini kita akan belajar sedikit tentang proses terjadinya emas.
Emas merupakan elemen yang dikenal sebagai logam mulia dan komoditas yang sangat berharga sepanjang sejarah manusia. Elemen ini memiliki nomor atom 79 dan nama kimia aurum atau Au. Emas termasuk golongan native element, dengan sedikit kandungan perak, tembaga, atau besi. Warnanya kuning keemasan dengan kekerasan 2,5-3 skala Mohs. Bentuk kristal isometric octahedron atau dodecahedron. Specific gravity 15,5-19,3 pada emas murni. Makin besar kandungan perak, makin berwarna keputih-putihan.

Emas terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan. Beberapa endapan terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian secara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer). Genesa emas dikatagorikan menjadi dua yaitu endapan primer dan endapan plaser.
Emas terdapat di alam dalam dua tipe deposit, pertama sebagai urat (vein) dalam batuan beku, kaya besi dan berasosiasi dengan urat kuarsa. Lainnya yaitu endapan atau placer deposit, dimana emas dari batuan asal yang tererosi terangkut oleh aliran sungai dan terendapkan karena berat jenis yang tinggi. Emas native terbentuk karena adanya kegiatan vulkanisma, bergerak berdasarkan adanya thermal atau adanya panas di dalam bumi, tempat tembentukan emas primer, sedangkan sekudernya merupakan hasil transportasi dari endapan primer umum disebut dengan emas endapan flaser, sedangkan asosiasi emas atau emas bersamaan hadir dengan mineral silikat, perak, platina, pirit dan lainnya

Kenampakan fisik bijih emas hampir mirip dengan pirit, markasit, dan kalkopirit dilihat dari warnanya, namun dapat dibedakan dari sifatnya yang lunak, berat jenis tinggi, dan ceratnya yang keemasan. Emas berasosiasi dengan kuarsa, pirit, arsenopirit, dan perak.

Sifat fisik unsur ini sangat stabil, tidak korosif ataupun lapuk dan jarang bersenyawa dengan unsur kimia lain. Konduktivitas elektrik dan termalnya sangat baik, malleable sehingga dapat dibentuk dan juga bersifat ductile. Emas adalah logam yang paling tinggi densitasnya.

Selain itu, emas sering ditemukan dalam penambangan bijih perak dan tembaga. Penambangan emas dilakukan besar-besaran untuk memenuhi permintaan dunia, diantaranya ditambang di Afsel, Autralia, USA, Meksiko, Brasil, Indonesia, dan negara lainnya. Penggunaan utama emas adalah untuk bahan baku perhiasan dan benda-benda seni. Selain itu, karena konduktif, emas penting dalam aplikasi elektronik. Kegunaan lain ada di bidang fotografi, pigment, dan pengobatan.

Orang sering mengira penampakan pirit sebagai emas, yang kilapnya memang menyerupai emas. Kadang ada yang bertanya, apakah pirit ini emas? Atau apakah pirit ini mengandung emas?.

pirite2Pirit
dengan rumus kimia FeS2, merupakan salah satu dari jenis mineral sulfida yang umum dijumpai di alam, entah sebagai hasil sampingan suatu endapan hidrotermal ataupun sebagai mineral asesoris dalam beberapa jenis batuan. Tidak ada penciri mineralisasi tertentu jika anda menjumpai pirit, apalagi sedikit. Secara deskriptif, pirit ini mempunyai warna kuning keemasan dengan kilap logam. Jadi, kalau tidak biasa dengan mineral-mineral logam, sering menganggapnya sebagai emas.
Secara struktur kristal, baik pirit dan emas sama-sama kubis, namun sifat dalamnya yang berbeda. Emas lebih mudah ditempa daripada pirit. Kalau dipukul, pirit akan hancur berkeping-keping, sedangkan emas tidak mudah hancur karena lebih mudah ditempa (maleable).
Cara yang cukup mudah untuk membedakan emas dengan pirit adalah dengan melihat asahan polesnya di bawah mikroskop. Biasanya di bawah mikroskop pantul, emas tampak berbentuk tak beraturan dibandingkan pirit yang kadang bentuk kubisnya masih tampak. Meskipun sama-sama isotropik, tetapi kecemerlangan emas tidak dapat ditandingi oleh pirit, begitu juga bentuknya. Cara lain yang lebih canggih adalah dengan menganalisis kandungan kimianya, misalnya dengan microprobe atau SEM plus EDX. Dengan cara ini anda bisa memastikan apakah yang anda sebut pirit itu emas atau pirit?

Apakah pirit mengandung emas? Mungkin saja emas terdapat di dalam pirit, sebagai yang dikenal dengan istilah refractory gold. Emas ini ukurannya sangat kecil atau sering dikatakan sebagai invisible gold, karena ukurannya <0.1 μm, tidak sanggup dideteksi dengan mikroskop elektron. Emas ini biasanya hadir bersama-sama arsen (arsenian pyrite atau arsenopyrite).

42 Responses

  1. menurut kalian cara yang paling mudah mengenali tanah yang di bawah nya mengandung emas itu bagaimana yah.?

    saya orangnya suka jalan-jalan atau touring pake trail ke pedalaman”.di daerah saya..
    kebetulan di daerah saya saat ini baru saja di temukan tambang emas..
    dalam.satu karung beras 20 liter terdapat 20 gram – 80 gram emas..

    nah saya kadang tertarik untuk.mengetahui keadaan tanah yang mengandung emas..
    mungkin bisa email saya putrimef@gmail.com

    • jika ingin membuat emas muda menjadi emas murni bisa hubungi saya
      Bpk. Victor S. di jakarta :081256516393 sms dulu.
      email : victorsutjiawan@yahoo.com

  2. tanda ada pirit apakah tentu adanya emas.????????

  3. tambang yang masi berisi 30% apa sd bisa di kelolah?

    • tambang emas yang masi berisi 30% ap msi tergolong msi mudah?
      apa suda memungkinkan untuk di kelolah.?

    • Bisa, apakah sudah dikelolah dengan baik. Saya siap kerja sama .
      Yang muda bisa dijadikan emas murni. hubungi saya : Bpk. Victor di 081256516393 sms dulu – email :victorsutjiawan@yahoo.com di Jakarta.

  4. dlm 30kg matrial saya temukan plrit 2ons dan bagaimana cara detesi emasnya dan apakah ini layak explorasi.,thanks.

    • bawa di puskesmas

    • Selamat malam pak Junaidi Nama saya Imron Hermanto tinggal di Surabaya Saya punya pengalaman dibidang tambang emas termasuk pirit Kalau mau info lengkap tulis email saya hkusumadjaja@yahoo.com atau telpon saya di no 087878937131 Terima kasih

    • Selamat malam pak junaidi Nama saya Imron Hermanto dari Surabaya.Saya punya pengalaman dibidang emas termasuk pirit.Untuk dapat info silahkan kirim email hkusumadjaja@yahoo.com atau telpon saya 087878937131 Terima kasih

  5. bagamana untuk mengaktikan air raksa ?

  6. ENDAPAN EMAS PADA LAPISAN TANAH TERLETAK PADA

  7. makasih ya bantu banget loh

    • Nama saya Imron Hermantotinggal di Surabaya Pengambilan emas dengan menggunakan mercury tidak effektif apalagi jika mengandung logam lain.Untuk info lengkap harap hubungi saya lewat e mail hkusumadjaja@yahoo.com atau telpon 087878937131 terima kasih

  8. Bagaimana cara pengambilan emas tambang yang secara traditional sedangkan menurut urat ciri ada mengandung emas tapi setelah Di glundung dengan campuran air raksa tidak keambil. Mohon penjelasan Dan cara campuran apa yang dapat mengambil emas agar bisa kena/menghasilkan.

    • bagai mana cara mengelolah pertambangan emas yang masi mudah

    • Nama saya Imron Hermanto tinggal di Surabaya.Pengambilan emas dengan mercury tidak effektif terutama jika dalam material terkandung logam lain.Untuk info lengkapnya silahkan hubungi saya lewat email hkusumadjaja@yahoo.com atau telepon saya 087878937131 Terima kasih

    • Nama saya Imron Hermanto tinggal di Surabaya Penarikan emas dengan mercury tidak effektif terutama jika mengandung logam lain Untuk info yang lengkap hubungi saya lewat email hkusumadjaja@yahoo.com atau telepon 087878937131

  9. terima kasih tentang info emas, saya sedang mencari kawasan emas. sangat susah.

    • HAIRUL,HUB SAYA SECEPATNYA.085363978883

  10. nice blog…
    salam geologist

  11. Terimakasih penjelasannya..

  12. apkah pirit mengandung loam mas

  13. Question : ªρ̩ª ϑï setiap gunung merapi yg aktif ataupun tidak sudah dpt ϑï pastikan ϑï dalamnya terdapat kandungan emasnya???

  14. makasih udh menambah wawasan

  15. Bagaimana caranya atau caira apa yg bisa kita pakai untuk bisa mendeteksi emas dalam pasir dan batu….

    thanks

    • air aksa

  16. ada salah satu tempat dikota kami disorong-papua, banyak ditemukan pirit! apa ada jarak kusus antara pirit dan emas? selain pirit ada pengatar lain yang berindikasi emas?

  17. Asslm..

    *Salam kenal smuanya yg sempat nongkrong disini..,
    sy mau nanya nich,ad ga tmn2 yg tau tempat LAB kusus untuk batuan yg kita curigai mengandung emas dgn ciri2 batuan tersebut banyak mengandung pirit.
    *sy jg mencari pemodal yg benar2 serius untuk mengelola tambang emas yg ada di kampung saya.thanks-08123783558 SMS/Call Ok

  18. boleh tau gak cara mengolah batuan sulfida. apa saja kandungan batuan sulfida?
    ada yang tau langkah-langkah mengolah batuan sulfida? apakah emasnya dulu atau mineral lain yang diambil terlebih dahulu?

  19. Saya suka blog Anda, tema Anda adalah indah, bagaimana Anda merancang tema Anda?

  20. Ass, war, wab. Kak dimana ki kerja sekarang kak??? apa ada lowongan di situ Kandaq??? saya Yanuar junior ta geo 03, insya Allah selesai bulan 9 Kanda, btw artikexa Kanda luar biasa kak, singkat padat dan cukup jelas kak, apa lagi artikel tentang emas ini banyak dicari orangKanda, Kak udah mengharumkan nama Unhas dan nama Geologi kak, cuma bisa gak kak tambah juga contoh kenampakan emas di lapangan baik itu emas primer, dan emas sekunder kak sekalian contoh mineral asosiasixa pada dua jenis endapan mineral Emas itu Kanda. itu aja dulu komentq Kak. Sukses Kak. We Are The Champion

  21. Cara penambangan emas gmna? Mohon pencerahan yg taktis baik eksplorasi n eksploitasinya…

    • ya scra kbtulan jg sy trmsuk tehknisi lbang , batu yg mgandg mas putih tulang dan biru lgit batu smen mgandung pirit yg bxak sy sring dpat itu

  22. saya mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir pak.kebetulan mengambil study tentang emas,yang di katakan sebagai emas aluvial,itu seperti apa?mohon jawabannya.terimakasih

  23. assalamulaikum pak
    saya mahasiswa yang sedang nyusun tugas akhir dan salah satu tinjauan pustaka saya tentang proses pembentukan emas dan resistivtas emas. Jadi saya seneng banget waktu dapat blog bapak yang bahas tentang emas…klo saya boleh tahu sumber tulisannya darimana pak? Karena dosennya tidak mau sumber yang dari blog…mohon bantuannya ya pak….dan kalau ada bahan2 referensi tentang emas yang bapak kasih,saya sangat senang dan berterimakasih….

  24. Hey there! I have to say I love Your blog, it makes for an interesting Read! I hope to see more blog posts from you soon! Thanks!

  25. sayang ,indonesia meskipun kaya akan emas tapi sdm nya sangat min sekali.

  26. tolong posted jg buat Nikel dong……………….Sukses selalu.

  27. Mas Munir,

    Wah saya bukan pedagang nih… Kalo buat jualan kurang bisa ngasih input mas..

  28. bagaimana cara berjualan emas?

  29. Nice Blog Adhie.., Keep spirit for exploring Gold and others.

    salam Geologist.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

