Sejarah Pembentukan Bumi

Bumi adalah planet tempat tinggal seluruh makhluk hidup beserta isinya. Sebagai tempat tinggal makhluk hidup, bumi tersusun atas beberapa lapisan bumi, bahan-bahan material pembentuk bumi, dan seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Bentuk permukaan bumi berbeda-beda, mulai dari daratan, lautan, pegunungan, perbukitan, danau, lembah, dan sebagainya. Bumi sebagai salah satu planet yang termasuk dalam sistem tata surya di alam semesta ini tidak diam seperti apa yang kita perkirakan selama ini, melainkan bumi melakukan perputaran pada porosnya (rotasi) dan bergerak mengelilingi matahari (revolusi) sebagai pusat sistem tata surya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya siang malam dan pasang surut air laut. Oleh karena itu, proses terbentuknya bumi tidak terlepas dari proses terbentuknya tata surya kita.

Bagaimana Bumi ini terbentuk secara pasti masih merupakan perdebatan dimana banyak pendapat yang dikemukakan oleh para ahli dengan alasan yang berbeda-beda pula. Berikut ini beberapa teori mengenai pembentukan bumi yang umum dikenal.

1. Teori Kant – Laplace

Sejak jaman sebelum Masehi, para ahli telah banyak berfikir dan melakukan analisis terhadap gejala-gejala alam. Mulai abad ke 18 para ahli telah memikirkan proses terjadinya Bumi. Salah satunya adalah teori kabut (nebula) yang dikemukakan oleh Immanuel Kant (1755) dan Piere de Laplace (1796)? Mereka terkenal dengan Teori Kabut Kant-Laplace. Dalam teori ini dikemukakan bahwa di jagat raya terdapat gas yang kemudian berkumpul menjadi kabut (nebula). Gaya tarik-menarik antar gas ini membentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan berputar semakin cepat. Dalam proses perputaran yang sangat cepat ini, materi kabut bagian khatulistiwa terlempar memisah dan memadat (karena pendinginan). Bagian yang terlempar inilah yang kemudian menjadi planet-planet dalam tata surya.

2. Teori Planetesimal

Pada awal abad ke-20, Forest Ray Moulton, seorang ahli astronomi Amerika bersama rekannya T.C Chamberlain, seorang ahli geologi, mengemukakan teori Planetisimal Hypothesis, yang mengatakan matahari terdiri dari massa gas bermassa besar sekali, pada suatu saat didekati oleh sebuah bintang lain yang melintas dengan kecepatan tinggi di dekat matahari. Pada waktu bintang melintas di dekat matahari dan jarak keduanya relatif dekat, maka sebagian massa gas matahari ada yang tertarik ke luar akibat adanya gravitasi dari bintang yang melintas tersebut. Sebagian dari massa gas yang tertarik ke luar ada yang pada lintasan bintang dan sebagian lagi ada yang berputar mengelilingi matahari karena gravitasi matahari. Setelah bintang melintas berlalu, massa gas yang berputar mengelilingi matahari menjadi dingin dan terbentuklah cincin yang lama kelamaan menjadi padat dan di sebut planetisimal. Beberapa planetisimal yang terbentuk akan saling tarik – menarik bergabung menjadi satu dan pada akhirnya membentuk planet, termasuk bumi.

3. Teori Bintang Kembar

Teori ini dikemukakan oleh seorang ahli Astronomi R.A Lyttleton. Menurut teori ini, galaksi berasal dari kombinasi bintang kembar. Salah satu bintang meledak sehingga banyak material yang terlempar. Karena bintang yang tidak meledak mempunyai gaya gravitasi yang masih kuat, maka sebaran pecahan ledakan bintang tersebut mengelilingi bintang yang tidak meledak. Bintang yang tidak meledak itu adalah matahari, sedangkan pecahan bintang yang lain adalah planet-planet yang mengelilinginya.

4. Teori Pasang Surut Gas (Tidal)

Teori ini dikemukakan oleh James Jeans dan Harold Jeffreys pada tahun 1918, yakni bahwa sebuah bintang besar mendekati matahari dalam jarak pendek, sehingga menyebabkan terjadinya pasang surut pada tubuh matahari, saat matahari itu masih berada dalam keadaan gas. Terjadinya pasang surut air laut yang kita kenal di Bumi, ukuranya sangat kecil. Penyebabnya adalah kecilnya massa bulan dan jauhnya jarak bulan ke Bumi (60 kali radius orbit Bumi). Tetapi, jika sebuah bintang yang bermassa hampir sama besar dengan matahari mendekat, maka akan terbentuk semacam gunung-gunung gelombang raksasa pada tubuh matahari, yang disebabkan oleh gaya tarik bintang tadi. Gunung-gunung tersebut akan mencapai tinggi yang luar biasa dan membentuk semacam lidah pijar yang besar sekali, menjulur dari massa matahari dan merentang ke arah bintang besar itu.

Dalam lidah yang panas ini terjadi perapatan gas-gas dan akhirnya kolom-kolom ini akan pecah, lalu berpisah menjadi benda-benda tersendiri, yaitu planet-planet. Bintang besar yang menyebabkan penarikan pada bagian-bagian tubuh matahari tadi, melanjutkan perjalanan di jagat raya, sehingga lambat laun akan hilang pengaruhnya terhadap-planet yang berbentuk tadi. Planet-planet itu akan berputar mengelilingi matahari dan mengalami proses pendinginan. Proses pendinginan ini berjalan dengan lambat pada planet-planet besar, seperti Yupiter dan Saturnus, sedangkan pada planet-planet kecil seperti Bumi kita, pendinginan berjalan relatif lebih cepat.

Sementara pendinginan berlangsung, planet-planet itu masih mengelilingi matahari pada orbit berbentuk elips, sehingga besar kemungkinan pada suatu ketika meraka akan mendekati matahari dalam jarak yang pendek. Akibat kekuatan penarikan matahari, maka akan terjadi pasang surut pada tubuh-tubuh planet yang baru lahir itu. Matahari akan menarik kolom-kolom materi dari planet-planet, sehingga lahirlah bulan-bulan (satelit-satelit) yang berputar mengelilingi planet-planet. Peranan yang dipegang matahari dalam membentuk bulan-bulan ini pada prinsipnya sama dengan peranan bintang besar dalam membentuk planet-planet, seperti telah dibicarakan di atas.

5. Teori Big Bang

Berdasarkan Theory Big Bang, proses terbentuknya bumi berawal dari puluhan milyar tahun yang lalu. Pada awalnya terdapat gumpalan kabut raksasa yang berputar pada porosnya. Putaran tersebut memungkinkan bagian-bagian kecil dan ringan terlempar ke luar dan bagian besar berkumpul di pusat, membentuk cakram raksasa. Suatu saat, gumpalan kabut raksasa itu meledak dengan dahsyat di luar angkasa yang kemudian membentuk galaksi dan nebula-nebula. Selama jangka waktu lebih kurang 4,6 milyar tahun, nebula-nebula tersebut membeku dan membentuk suatu galaksi yang disebut dengan nama Galaksi Bima Sakti, kemudian membentuk sistem tata surya. Sementara itu, bagian ringan yang terlempar ke luar tadi mengalami kondensasi sehingga membentuk gumpalan-gumpalan yang mendingin dan memadat. Kemudian, gumpalan-gumpalan itu membentuk planet-planet, termasuk planet bumi.

Dalam perkembangannya, planet bumi terus mengalami proses secara bertahap hingga terbentuk seperti sekarang ini. Ada tiga tahap dalam proses pembentukan bumi, yaitu:

1. Awalnya, bumi masih merupakan planet homogen dan belum mengalami perlapisan atau perbedaan unsur.
2. Pembentukan perlapisan struktur bumi yang diawali dengan terjadinya diferensiasi. Material besi yang berat jenisnya lebih besar akan tenggelam, sedangkan yang berat jenisnya lebih ringan akan bergerak ke permukaan.
3. Bumi terbagi menjadi lima lapisan, yaitu inti dalam, inti luar, mantel dalam, mantel luar, dan kerak bumi

Masih banyak teori-teori yang lainnya yang dikemukakan oleh para ahli seperti:

Teori Buffon dari ahli ilmu alam Perancis George Louis Leelere Comte de Buffon. Beliau mengemukakan bahwa dahulu kala terjadi tumbukan antara matahari dengan sebuah komet yang menyebabkan sebagian massa matahari terpental ke luar. Massa yang terpental ini menjadi planet.

Teori Weizsaecker dimana pada tahun 1940, C.Von Weizsaecker, seorang ahli astronomi Jerman mengemukakan tata surya pada mulanya terdiri atas matahari yang dikelilingi oleh massa kabut gas. Sebagian besar massa kabut gas ini terdiri atas unsur ringan, yaitu hidrogen dan helium. Karena panas matahari yang sangat tinggi, maka unsur ringan tersebut menguap ke angkasa tata surya, sedangkan unsur yang lebih berat tertinggal dan menggumpal. Gumpalan ini akan menarik unsur – unsur lain yang ada di angkasa tata surya dan selanjutnya berevolusi membentuk palnet – planet, termasuk bumi.

Teroti Kuiper dikemukakan oleh Gerald P.Kuiper mengemukakan bahwa pada mulanya ada nebula besar berbentuk piringan cakram. Pusat piringan adalah protomatahari, sedangkan massa gas yang berputar mengelilingi promatahari adalah protoplanet. Dalam teorinya, beliau juga memasukkan unsur – unsur ringan, yaitu hidrogen dan helium. Pusat piringan yang merupakan protomatahari menjadi sangat panas, sedangkan protoplanet menjadi dingin. Unsur ringan tersebut menguap dan malia menggumpal menjadi planet – planet.

Teori Whipple oleh seorang ahli astronom Amerika Fred L.Whipple, mengemukakan pada mulanya tata surya terdiri dari gas dan kabut debu kosmis yang berotasi membentuk semacam piringan. Debu dan gas yang berotasi menyebabkan terjadinya pemekatan massa dan akhirnya menggumpal menjadi padat, sedangkan kabutnya hilang menguap ke angkasa. Gumpalan yang padat saling bertabrakan dan kemudian membentuk planet – planet.

Secara umum yang paling populer sampai sekarang adalah Teori Big Bang dan banyak diikuti oleh para ilmuwan walaupun terkadang masih terdapat beberapa perbedaan.

Source :

- http://artikelindonesia.com/

- http://id.wikipedia.org/wiki/

About these ads

57 Responses

  1. Lalu teori tentang lytt leton dan awan debu apa? :|

  2. Minta sejarah terbentuknya bumi donk, yang simple aja tapi lengkap . .

  3. Minta sejarah terbentuknya bumi donk . .

  4. Makasih sudah membantu saya untuk mengerjakan tugas

  5. makasih atas pengetahuannya ……

  6. terimakasih

  7. proses terbentuknya mineral-mineral bumi itu seperti apa?

  8. artikelnya keren,tapi bikin pengen tidur,, ZzZzZ

  9. seperti apapun sejarh trjadinya bumi ini, itu hanya ilahi yg tahu, dan kita di ciptakan untk berperan menjaga dan memelihara bumi ini,dan mensyukuri smw yg telah di sediakn dan mempergunakn’y dengan baik,,
    dan telah kita ketahui tuhanpun telah menurunkn firman’y
    melalui kitab_kitab’y, tntang bagaimana cara brsyukur kpd sang pencipta ( allah)

  10. bagus dan berguna orang dapat mengetahui sejarah pembentukan bumi

  11. ini sesuai ilmu geografi atau ilmu apa!

  12. saya itu suka banget sama planet ;-)

  13. its so amazing :-)

  14. ada gak tentang sejarah terjadinya bumi teori pembelian?
    kalau ada pllease , d.reply yea?

    • ngaco kau sial !!!!!

  15. artikelnya keren niih….bsa buat memperdlam pengetahuan….

  16. akhirx tugas aku da jhuuuu

  17. ijin copas ada tugas sekolah…
    boleh ya”’

  18. bukannya ini sejarah terbentuknya tata surya dan jagat raya?

  19. Ketemu juga
    tugas kuu
    yang selama ni aku cari…….

  20. This is @ amazing…… :)
    is @ very-very nice i like it,, to look the earth thanks for you information….. and i can add this blog to my bookmarks….

  21. Subahanaallah, allah maha agung. Allah tlah mnciptkan bumi n seisi.x dngan smpurna, oleh krna itu, kta sbagai mnusia hrus mnjga.x dgn baik…

  22. ijin copas buat tugas skolah yaa :)
    -Thankss-

  23. saya sangat takjub melihat bumi ini seperti jagat raya yang sangat besar sehingga nanti jika saya sudah besar saya akan meneliti dan akan menerbitkan buku yang berjudul rahasia tata surya serta zat apa yang membentuk planet tersebut dan saya sangat berterimah kasih karena telah memberikan ilmu kepada saya sekalian yang tidak ternilai harganya. amin

  24. terimakasih atas informasinya gan .. !!

  25. very very good

  26. bagus blognya, semoga dapat terus diperbanyak dan diperlengkap lagi artikel2nya

  27. goooooooooooooooooood lah……………..

  28. Izin Copas Om buat tugas Sekolah saya…
    _Thanks_

  29. Izin copas ya untuk tugas sekolah, makasih :)

  30. bagus .. bagus :D

  31. emmm.. baguss .. bagus :Dp

  32. Saya memang tertarik pada ilmu astronomi.Terimakasih infonya

  33. Teori ini luar biasa, sangat bagus untuk kta pelajari apa lagi seperti saya anak sekolahan.

  34. I LIKE THIS

  35. ini hebat. Dan dalam hati saya ada keinginan bisa mempelajari angkasa. Dan memastikan apakah ada tepinya atau tidak. Kalaupun tidak terlaksana, kuharap ada orang lain yang melakukannya sebelum saya meninggal.

  36. This history’s great until I tired of reading it

  37. thnks bwt artikel x, smw x bagus…
    sangat membantu bwt nambah wawasan n bsa ngerjain tugas deh..
    hehehe

  38. I really loved reading your blog. It was very well authored and easy to undertand. Unlike additional blogs I have read which are really not tht good. I also found your entries very interesting. In fact after reading, I had to go show it to my friend and he ejoyed it as well!semua dalam penyelidikan ilmuwan. suatu saat bisa di jelaskan dengan benar. contoh ; PETIR sebelum bisa dijelaskan, dianggap sebagai mistik, tapi saat ini malah untuk mainan para ilmuwan. ya khan

  39. kereeeeeeeeeeeeeeeeen

  40. aku suku pengetahuan

    • SUKU???????? Suka kaleee

  41. jika bumi terbentuk dari gas” yg berkumpul, trus bagaimana bisa ada makhluk yg pertama di bumi?
    dari apakah atau manakah makhluk itu berasal?
    apakah ilmu pengetahuan bisa menjelaskannya?

    • semua dalam penyelidikan ilmuwan. suatu saat bisa di jelaskan dengan benar. contoh ; PETIR sebelum bisa dijelaskan, dianggap sebagai mistik, tapi saat ini malah untuk mainan para ilmuwan. ya khan

    • lihat penayangan di CD Harun Yahya, disana dijelaskan awal munculnya organisme2 dr laut yang akhirnya berevolusi jutaan tahun dan mulai naik kedarat. itu seingat saya…

  42. kyaknya ini deh yg aku cari cari ..

  43. good…whell… now our earth will armagedon..??

  44. Very nice site!

  45. I like the way you put out things. It would be nice to read more posts from you. Bookmarked.

  46. good!!!
    now, I know that…

  47. good enaugh. but I need the theory of Rittman

  48. saya share d blog saya ya….
    buat belajar murid” ^_^

    –> silahkan mbak… terima kasih sudah berkunjung yah…

    • eaaaaaaaaaah

  49. Very informative post. Thanks for taking the time to share your view with us.

  50. I just sent this post to a bunch of my friends as I agree with most of what you’re saying here and the way you’ve presented it is awesome.

  51. Awesome Post. I add this Blog to my bookmarks.

  52. I really loved reading your blog. It was very well authored and easy to undertand. Unlike additional blogs I have read which are really not tht good. I also found your entries very interesting. In fact after reading, I had to go show it to my friend and he ejoyed it as well!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: