Fakta Seputar Gempa

Berapakah kekuatan gempa Sumatera yang menyebabkan tsunami pada 24 Desember 2004 lalu? Percaya atau tidak, kekuatannya sama dengan 23.000 kali kekuatan bom Nagasaki, Jepang. Berikut adalah fakta-fakta lain mengenai gempa dan gunung api yang membuat kita harus berdecak kagum.

Sumber usgs.gov, belum lama ini menyebut, energi lepasan gempa Sumatera itu setara dengan Es 20X10^17 Joules, atau 475.000 kiloton (475 megaton) TNT, atau ekivalen dengan 23.000 bom Nagasaki.Read More…

Fakta juga menunjukkan suara dari erupsi Gunung Krakatau tahun 1883 terdengar hingga 5.000 km, dengan awan yang bertualang mengelilingi bumi dan menyebabkan sunset yang mengagumkan.

Sekitar 1.400 gempa terjadi setiap hari. Namun tahukah Anda, gempa Kobe di Jepang tahun 1990 menyebabkan kerugian 200 miliar dolar AS, dan menjadikannya sebagai bencana alam paling mahal sepanjang waktu.

Tahun 1556, gempa tunggal di China diestimasikan menewaskan 800.000 orang.

Tahun 1960-an, petugas penjaga perbatasan Royal Navy(ironisnya diberi nama HMS Protector), mengambang di atas erupsi vulkanis baru di Pulau Sandwich Selatan di Samudera Pasifik. Sembilan dari pakar gunung terkenal di dunia tewas pada saat gunung menutupi wajah mereka. Ini terjadi di Gunung Galeras di Colombia, Amerika Selatan tahun 1991.

Ketika itu sekelompok saintis mencoba mencari tahu kapan sebuah gunung akan erupsi, dengan mempelajari gas-gas yang dikeluarkannya. Ilmuwan lainnya berharap menggunakan variasi lain gragitasi bumi untuk menjelaskan magma pijar telah mendekati permukaan. Berpikir bahwa mereka masih aman untuk beberapa hari, mereka turun ke kawah. Alat pengukur gravitasi sepertinya rusak. Lalu tanpa disadari gunung ini mengeluarkan erupsi, bukan dengan aliran lava tapi dengan batuan keras, dan membunuh sembilan dari ilmuwan itu.

Untuk menciptakan sistem pegunungan diperlukan jutaan gempa selama jutaan tahun.Pegunungan Northridge di AS bertambah tinggi setelah gempa 6,9 SR yang mengeluarkan energi setara 2 miliar kg bahan peledak tinggi, ekivalen dengan 1000 kali kekuatan bom atom yang digunakan di Hiroshima.

Kalangan ilmuwan masih menyelidiki anjing melolong sebelum serangan gempa. Ada banyak laporan megenai hal semacam ini, termasuk ayam yang masuk kandang sebelum gempa.

Gempa terdalam yang tercatat dimulai 730 km di bawah tanah. Gempa paling menimbulkan kerusakan parah umumnya 0-65 km di bawah permukaan bumi. Ilmuwan China pernah mengklaim bahwa mereka dapat memprediksi sebuah gempa melalui monitoring permukaan air. Yang lainnya menyebut bahwa tingkat gas radon di bawah tanah kemungkinan meningkat sebelum gempa akibat peningkatan tekanan di bawah permukaan melepas gas-gas itu.

Tahun 1793, Gunung Laki di Iceland mengalami erupsi selama periode waktu delapan bulan. Erupsi menghasilkan hujan asam dan debu, yang jatuh sepanjang Eropa bagian utara. Gunung ini juga mengurangi temperatur rata-rata bagian utara Eropa sekitar 1 derajat Celcius.

Kapasitas pembangkit listrik total AS, adalah 400.000 MW atau hanya 1 persen dari arus panas bumi. Bumi kehilangan 2 juta MW melaluio erupsi vulkanis. Sumber air panas di Yellowstone National Park (Wyoming, AS) menghasilkan 4.200 MW (1 MW = 1 juta joules per detik).

Lempeng tektonik dan struktur pergerakan lempeng tektonik bumi bergerak sekitar 3,5 cm (1,4 in) per tahun dalam rata-rata.

Source:Geografiana.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: