Epigram

epigramJudul : Epigram
Penulis : Jamal
Editor : Indah S. Pratidina
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 384 hlm ; 20cm

Buku ini saya beli sekitar pertengahan tahun 2008. Sudah lupa sih tanggal dan bulannya. Kebetulan ketemu terselip di tengah tumpukan novel-novel lama di Gramedia waktu iseng-iseng nyari kisah tentang Winnetou. Ternyata malah ketemu Epigram ini. Awalnya tertarik dengan sampulnya yang bergambar RIG pengeboran minyak lepas pantai wow sebagai anak Geologi langsung kepikiran deh. Gini-gini dulu juga punya cita-cita mau kerja di tempat seperti itu walaupun akhirnya perjalanan nasib malah membawa ke dunia tambang untuk cari-cari pengalaman hidup. Mungkin nanti suatu saat… Ups!!!??

Kembali ke buku… Setelah baca Epigram ternyata malah ceritanya soal mahasiswa Geologi yang banyak terlibat juga sebagai aktivis kampus. Langsung deh jadi semangat membacanya. Soalnya agak mirip-mirip sedikit dengan kisah waktu dulu saya jadi mahasiswa-klop deh… Bedanya kalau dikiaskan antara bumi dan langit hehehe (Mirip ???). Saya tidak seradikal tokoh Kristunov yang digambarkan dalam buku ini. Tapi banyak juga pemikiran-pemikiran tokoh ini yang pernah terlintas dalam pikiran saya dulunya seperti soal Negara… Politik… dan Perjalanan Hidup…. Sebagian sudah dilepas dan sebagian lagi masih seolah menjadi angan-angan dengan harapan dapat terlaksana dikemudian hari.

Bahkan saya sampai mencari website perusahaan Norsk Hydro yang di Norwegia itu, siapa tahu bisa beneran ikuti jejak sang tokoh. Tentu pengalaman yang sangat menarik kalau bisa bekerja di Laut Utara yang jauh dari mana-mana. Ternyata perusahaannya bukan gas alam tapi perusahaan aluminium (logam). But Nevermind.. ceritanya keren… Penggambaran tokoh Kristunov oleh Jamal (pengarang) yang radikal dan berani, kisah politik yang banyak diwarnai oleh tokoh-tokoh militer, gambaran kota-kota dunia seperti Bilbao, Sevilla dan Madrid di Spanyol, Amsterdam di Belanda, New Jersey, Greensboro dan Boston di Amerika,  Bremen, Frankfurt dan Hamburg di Jerman, dan tentunya kota Oslo di Norwegia seolah-olah mengajak kita berkeliling dunia (seperti yang dulu juga pernah saya cita-citakan…).

Untuk kawan-kawan mahasiswa, aktivis, khususnya dari ilmu Geologi saya rekomendasikan untuk baca buku ini dan bisa memetik pelajaran di dalamnya.

3 Responses

  1. Keren banget bukunya :3
    Pengen punya,

  2. Riri…
    Memang bukunya keren banget… Komplit dech dari kampus trus kerja n keliling dunia…

    Dulu dapetnya di Gramedia juga gak sengaja pas liat sampulnya ada gambar offshore rig langsung tertarik deh…

  3. permisi, numpang lewat

    itu buku keren banget. sempet pinjem di peminjaman buku. kalo di gramedia masih ada ga yah tu buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: